Seminar Kewirausahaan IAIN Parepare Digelar, Diharapkan dapat Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa

27 September, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare---Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare menggelar seminar kewirausahaan pada Rabu, (27/09/2023). Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa tersebut menghadirkan pembicara dari berbagai kalangan, termasuk pengusaha, akademisi, dan praktisi kewirausahaan.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III, Tetua LP2M, Kepala Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirasahaan, yang dibuka langsung oleh M. Kamal Zubair mewakili Rekor IAIN Parepare. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Syahrian Saputra, CPT yang berasal dari Kampus Shoope Makassar dan Firman dari Komunitas Tangan Di Atas.

Pada seminar tersebut, para pembicara menyampaikan berbagai tips dan trik untuk menjadi seorang entrepren​eur yang sukses. Mereka juga mendorong para mahasiswa untuk menjadi pelaku usaha yang kreatif dan inovatif.

Ketua LP2M mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Ia berharap kegiatan ini dapat menghasilkan output yang jelas, seperti perhimpunan pengusaha IAIN Parepare.


"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa dan mendorong mereka untuk menjadi pelaku usaha yang sukses," kata M. Ali Rusdi.

Ali Rusdi juga berharap kegiatan ini dapat menjadi awal terbentuknya perhimpunan pengusaha IAIN Parepare. Menurutnya, perhimpunan tersebut dapat menjadi tempat bagi mahasiswa untuk berbagi pengalaman dan berkolaborasi dalam mengembangkan usahanya.


Wakil Rektor III IAIN Parepare, Muh. Kamal zubair, dalam pembukaan berharap agar kegiatan ini menjadi wadah mahasiswa dalam berwirausaha

 "Kami berharap perhimpunan pengusaha IAIN Parepare dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk saling mendukung dan mengembangkan usahanya," kata Kamal.

Syahrian Saputra salah satu pembicara dalam seminar tersebut yang merupakan pengusaha muda asal Makassar, mengatakan bahwa kunci sukses menjadi seorang entrepreneur adalah memiliki mindset yang positif dan pantang menyerah.


"Untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses, kita harus memiliki mindset yang positif dan pantang menyerah. Kita juga harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha kita," kata Syahrian.

Syahrian juga berpesan kepada para mahasiswa untuk tidak takut memulai usaha dari nol. Ia mengatakan bahwa semua pengusaha sukses pasti pernah mengalami kegagalan.

"Jangan takut memulai usaha dari nol. Semua pengusaha sukses pasti pernah mengalami kegagalan. Yang penting kita belajar dari kegagalan tersebut dan terus berusaha," terangnya.


Seminar kewirausahaan IAIN Parepare tersebut berlangsung sukses. Para mahasiswa yang mengikuti seminar terlihat antusias yang terlihat dari banyaknya peserta kegiatan yang mengajukan pertanyaan kepada para pembicara.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa dan meningkatkan jiwa kewirausahaan mereka.(fzs/Alf)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 27 September, 2023