Serius Implementasi Kerja Sama Internasional, Ini Persiapan IAIN Parepare dan AeU

24 Januari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare – Pasca lawatan tim IAIN Parepare ke Universitas Asia e University (AeU) Malaysia untuk penandatangangan MoU Desember lalu, tampaknya kedua belah pihak semakin serius memberikan ruang implementasi tindak lanjut MoU tersebut.

Hal ini ditandai dengan pertemuan zoom meeting antara pihak IAIN Parepare dan UeA untuk membahas persiapan kuliah MBKM dengan perkuliahan Double Degree baik tingkat sarjana maupun magister, Selasa (10/1/2023).

Pihak IAIN Parepare yang hadir mewakili rektor yakni Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Saepuddin dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Kamal Zubair.

Hadir pula dekan lingkup IAIN Parepare dan kepala TIPD. Kegiatan tersebut membahas kemungkinan Kerja Sama dalam bidang akademik dengan terlebih dahulu melakukan pembahasan teknis sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Pihak AeU Fidriyanti menjelaskan tujuan yang ingin dicapai yakni kerja sama diharapkan dapat memberikan keuntungan pada kedua belah pihak.

“Inti dari kegiatan ini, bisa win win solution, dan bisa kita diskusikan lebih lanjut. Program double degree seperti yang sudah dilakukan, jadi mahasiswa nantinya bisa kuliah di IAIN Parepare tiga tahun dan satu tahun di AeU. Begitu pula saat penulisan skripsi, masing-masing memiliki pembimbing pada perguruan tinggi; satu dari IAIN, satu dari kampus AeU. Mahasiswa yang ingin mengikuti program ini sudah dipersiapkan kemampuan bahasa Inggris selama kuliah di IAIN Parepare dan sertifikat Toffle tinggal submit saat sudah ingin berangkat ke Malaysia. Pola kerja sama dengan Kemenag tentu kita harus pelajari dulu karena kami belum melakukan dengan perguruan tinggi di bawah Kemenag. Semoga IAIN Parepare menjadi perguruan tinggi pertama,” papar Fidriyanti.

Warek Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Kamal Zubair menyambut keinginan dari AeU. “Yang menarik Double Degree, tapi yang perlu kita pelajari adalah regulasi karena ini yang pertama. Saya berpikir kalau sudah ada contoh, kita bisa pelajari sehingga bisa ditindaklanjuti nanti secara teknis”.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Saepuddin menyampaikan beberapa pertanyaan kepada pihak AeU terkait implementasi kerja sama bidang pendidikan yang meliputi kurikulum, pembiayaan program, dan regulasi sebagai dasar kegiatan yang perlu dikaji terlebih dahulu.

Sekadar informasi, penandatanganan MoU telah dilaksanakan antara pihak AeU oleh Wakil Rektor Asia e University (AeU) Malaysia, Prof Dr Juhary Ali dengan wakil rektor bidang kemahasiswaan dan Kerja Sama Muhammad Kamal Zubair di Wisma Subang Jaya, AeU Malaysia, Rabu (21/12/2022).

Upaya tindak lanjut melalui rapat rencana implemetasi khususnya bidang pendidikan merupakan bukti keseriusan kedua belah pihak dalam mewujudkan kolaborasi antarperguruan tinggi demi memajukan kualitas lulusan. (Nhk/Tin)


di dalam Berita
Hayana 24 Januari, 2023