Terapkan MBKM, Prodi PIAUD Gelar Seminar Parenting

20 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Terapkan MBKM, Prodi PIAUD Gelar Seminar Parenting

Humas IAIN Parepare- Prodi PIAUD pada semester ini telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui program Asistensi Mengajar (AM) pada beberapa TK/RA di Kota Parepare. Salah satu wujud implementasinya, pada kegiatan Seminar Parenting yang dilaksanakan pada, Kamis (17/11/2022) di Gedung Pratista Kota Parepare.

Pelaksanaan kegiatan ini atas inisiasi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Parenting Education dan menjadi peserta  program asistensi mengajar di TK Kemala Bhayangkari 19 Cabang Parepare.  Seminar Parenting dihadiri oleh orang tua peserta didik TK Kemala Bhayangkari 19 Parepare, kepala sekolah dan guru-guru, serta pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari.

Melalui sambutannya, Wakil Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Hj Sri Herni Muttalib mengucapkan terima kasih atas kehadiran mahasiswa dan Prodi PIAUD atas kesediaannya melaksanakan Seminar Parenting.

“Wah, menarik yah, ini acara seminar pertama yang saya ikuti dengan tema yang memang sangat dibutuhkan orang tua saat ini,” ucap Hj Sri Herni Muttalib dalam sambutannya.

Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Asistensi Mengajar sekaligus narasumber seminar Tien Asmara Palintan menyatakan bahwa seminar hari ini merupakan kegiatan pertama dalam pelaksanaan rangkaian Seminar Parenting lainnya. Adapun tema besar yang diusung pada seminar ini “Bersama Prodi PIAUD Mendidik Anak di Era Digital” yang kemudian diturunkan menjadi tema spesifik pada setiap TK/RA yang akan melaksanakan.

“Di TK Kemala Bhayangkari kami fokuskan membahas tema Komunikasi Efektif Orang tua dan Anak di Era Digital. Insyaallah, tema lainnya akan dibahas pada seminar parenting pada sekolah lain yang mendapatkan program Asistensi Mengajar MBKM,” jelasnya.

Antusias peserta tampak sejak materi dimulai dengan ice breaking dan senam bersama ala guru PAUD dilanjutkan dengan pembahasan materi terkait tips pelaksanaan komunikasi efektif oleh narasumber.

“Semoga ke depannya, semakin banyak kegiatan yang bisa kami laksanakan sebagai wujud Tridarma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengajaran (aplikasi MBKM) dan pengabdian masyarakat (seminar parenting) untuk guru dan orang tua anak usia dini. Sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran dan kontribusi nyata Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare,” ungkap Novita Ashari Kaprodi PIAUD. (ars/mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 20 November, 2022