Terima Penambahan Peserta PKDP, Rektor Ucapkan Terima Kasih kepada Gus Menteri

24 Agustus, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_ Rektor Institut Agama Islam Negeri Parepare, Hannani mengucapkan terima kasih kepada Menteri Agama (Gus Menteri)  Yaqut Cholil Qoumas atas kebijakannya menambah peserta Penguatan Kapasitas Dosen Pemula (PKDP) kepada IAIN Parepare sebagai prasyarat mengikuti sertifikasi dosen di lingkungan PTKIN, Kamis (24/08/2023).

“Mewakili pimpinan mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo, khususnya  Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas atas kebijakannya dalam memberikan jumlah kepesertaan sertifikasi dosen bagi IAIN Parepare," ungkapnya.

Sebelumnya IAIN Parepare mendapat jatah 10 peserta untuk mengikuti pelaksanaan short course PKDP yang dilaksanakan oleh UINAM Makassar. Namun, ada penambahan tiga orang dosen untuk kembali diberikan tugas mengikuti program PKDP di UIN SUKA Yogyakarta, Senin, 28 Agustus mendatang.

Hannani tidak lupa mengucapkan selamat kepada 13 orang dosen yang berkesempatan mengikuti program PKDP tahun ini sebab mereka yang mengikuti program ini akan berkesempatan besar menjadi penerima seritifikasi dosen tahun ini.

Selanjutnya, rektor pun berharap semua yang mendapatkan tunjangan sertifikasi dapat meningkatkan motivasi, pengabdian, dan prestasinya dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi, khususnya memberikan perhatian, bimbingan, dan pendampingan kepada mahasiswa agar mereka lebih berkualitas dan beprestasi.

Untuk diketahui, Kemenag kembali menggelar program PKDP bagi dosen yang akan mengikuti sertifikasi. Program ini dirancang untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme dosen pemula. Program ini meliputi pelatihan, short course dan bantuan peningkatan kualitas termasuk penguatan moderasi beragama.

PKDP adalah salah satu program yang harus dilulusi setiap  dosen di lingkungan PTKI sebelum menerima sertifikasi. Hal tersebut penting karena dosen harus memiliki berbagai kompetensi terutama pedagogik meskipun latar belakang pendidikan berbeda-beda. Dengan mengikuti PKDP ini, diharapkan dosen menjadi lebih terampil mengajar, lebih nyaman, dan percaya diri, serta memiliki sikap dan pandangan agama yang moderat (Mhy/Tin)


di dalam Berita
mahyuddin 24 Agustus, 2023