Tiga Alumni dan Dua Dosen IAIN Parepare Dinyatakan Lulus Program Kemenag PPSL

5 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Tiga Alumni dan Dua Dosen IAIN Parepare Dinyatakan Lulus Program Kemenag PPSL

Humas IAIN Parepare— Tiga alumni dan dua dosen IAIN Parepare dinyatakan lulus untuk mengikuti Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S2 dan S3 luar negeri. Program tersebut diinisiasi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.

Biaya pelaksanaan PPSL S2 dan S3 luar negeri yang terdiri dari tuition fee, living cost , transportasi PP (Pesawat kelas ekonomi) dan biaya tes bahasa akan ditanggung melalui Dana Abadi Pendidikan (Endowment Fun) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun anggaran 2022.

Ketiga alumni yang dinyatakan berhak mengikuti program PPSL tersebut di antaranya Nasrullah, Syaiful dan St. Maimunah Bt. Aziz.
Dua diantaranya pernah mengikuti program pendampingan yang dilaksanakan oleh UPT Bahasa IAIN Parepare.

Nurhamdah, Ketua UPT Bahasa IAIN Parepare mengungkapkan rasa syukurnya.

“Sebenarnya Saiful itu sudah daftar beasiswa LPDP, sudah diwawancara sisa menunggu hasil. Ada beberap alumni yang sebenarnya juga menunggu hasil wawancara, seperti Rini Anggreni. Ada juga Saldi, alumni kita yang juga menjadi dosen LB di Fakultas Tarbiyah. Itu Alhamdulillah sudah dapat juga pengumuman, lulus beasiswa BPI (Beasiswa Pendidikan Indonesia) tapi dia dalam negeri, lanjut S3 di UNM,” jelas Nurhamdah.

Terkait PPSL, Nurhamdah berharap ke depan IAIN Parepare juga bisa menjadi host penyelenggara PPSL dengan pemenuhan ketersediaan asrama yang sesuai standar dan adanya SDM bergelar Doktor atau Profesor alumni penerima LPDP luar negeri.
Selain itu, dua dosen IAIN Parepare yang juga dinyatakan lulus mengikuti PPSL, yakni Fifi Elvira dan Muhammad Yusuf.

“Semoga dengan mengikuti program ini menjadi jembatan untuk bisa mendapatkan informasi terkait trik atau langkah-langkah strategis untuk bisa melanjutkan di luar negeri terutama untuk program S3 atau Ph.D. Tentunya akan banyak informasi, mudah-mudahan setelah program ini saya bisa berbagi dengan teman-teman para dosen IAIN Parepare yang juga akan lanjut studi di luar negeri,” harap Muhammad Yusuf, Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare, Kamis (03/11/2022).

Rencananya para peserta yang dinyatakan lulus akan disebar di seluruh kampus PTKI yang telah terpilih menjadi host penyelanggara PPSL. Berbagai materi akan dibahas mulai dari kemampuan bahasa, akademik, termasuk moderasi agama serta sharing cross culture understanding. (Hyn/Mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 5 November, 2022