Tim Monitoring KKN Nusantara Simak Proses Pembuatan Permen Daun Kelor

11 Agustus, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Pareare--- Hari kedua monitoring dan evaluasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara di Toraja, tim monitoring mengunjungi kelurahan Lion Tondok  Iring kecamatan Makale Utara Tana Toraja, Kamis (10/08/2023)

Mahasiswa pada kelurahan tersebut dalam hal ini Posko III menunjukkan proses pembuatan permen yang terbuat dari daun kelor. Sebelumnya, tim mahasiswa KKN yang dipimpin oleh Aidil telah mempresentasikannya di depan masyarakat sekitar yang diliput oleh TVRI.

Aidil mengaku inisiasi pembuatan permen karet daun kelor dilakukan untuk mengurangi angka stunting yang ada di masyarakat khususnya di Toraja. Terlebih lagi daun kelor memang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Aidil bersama rekannya memperlihatkan bagaimana proses pembuatan permen daun kelor.


Salah satu tim monitoring KKN Nusantara, Muhammad Ahwan Baharuddin dari UIN KH. Abdul Rahman Wahid Pekalongan berkesempatan mencicipi permen daun kelor tersebut.


"Kalau tekstur dan rasa, anak-anak akan suka, begitu istimewa tidak kalah dengan produk-produk lain. Saya berharap teman-teman KKN dan desa ini bisa memproduksi yang banyak sehingga bisa menyumbang untuk menurunkan angka stunting, tidak hanya di desa ini tetapi secara nasional, bisa dipasarkan secara nasional," ungkapnya.

Sementara itu, Chornelius Anden Lurah kelurahan Lion Tondok Iring mengucapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran mahasiswa KKN Nusantara di wilayahnya.


“Kami merasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat atas kehadiran mahasiswa KKN Nusantara. Kami juga berterima kasih atas kunjungan para Rektor dan panitia KKN,” ucapnya.

Herson Kepala Lingkungan di salah satu kelurahan Tondok Iring juga mengapreasiasi kehadiran mahasiswa KKN Nusantara.

“Di wilayah ini mayoritas penduduknya hampir 100% beragama Kristen, kehadiran adik-adik mahasiswa mengubah pola pikir masyarakat bahwa kehidupan beragama yang ada di Indonesia tidak hanya satu agama tapi ada banyak. Sehingga kerukunan, toleransi harus tetap dijaga. Adik-adik juga disini membuka pola pikir tentang bagaimana pentingnya pendidikan yang akan memotivasi masyarakat bagaimana terus berjuang untuk memajukan pendidikan di dalam kehidupan mereka,” jelasnnya yang turut menerima kunjungan tim monitoring KKN Nusantara.


Usai menyimak penjelasan mahasiswa KKN tentang permen daun kelor, para tim monitoring didampingi mahasiswa KKN Nusantara mengunjungi lokasi produksi kain tenung khas Toraja yang berada tidak jauh dari kantor kelurahan Lion Tondok Iring. (Hyn/Mif)



di dalam Berita
Hayana 11 Agustus, 2023