Tim Satuan Pengawasan Internal IAIN Parepare Ikuti In House Training Peningkatan Kapasitas SDM Pengelola Keuangan dan Pemeriksa SPI PTKN Wilayah Sulawesi

31 Oktober, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Tim Satuan Pengawasan Internal IAIN Parepare Ikuti In House Training Peningkatan Kapasitas SDM Pengelola Keuangan dan Pemeriksa SPI PTKN Wilayah Sulawesi

Humas IAIN Parepare– Satuan Pengawasan Internal (SPI) IAIN mengikuti In House Training Peningkatan Kapasitas SDM Pengelola Keuangan dan Pemeriksa SPI PTKN Wilayah Sulawesi di Aula Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN  Palopo Sulawesi Selatan, Sabtu s.d. Ahad (29-30/10/2022). 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tim SPI dari berbagai PTKN wilayah Sulawesi yang terdiri dari IAIN Parepare, IAIN Palopo, IAIN Bone, dan IAIN Gorontalo. Beberapa PTKN tidak ikut hadir karena ada agenda yang bersamaan. SPI IAIN Palopo sebagai tuan rumah menjadikan kegiatan tersebut sebagai salah satu agenda untuk meningkatkan kapasitas SDM pada tingkat Satuan Pengawasan Internal.

Kegiatan yang  bertema “Penguatan Kapasitas SDM Pengelola Keuangan dan Pemeriksa SPI PTKN Wilayah Sulawesi” dibuka oleh Rektor yang diwakili oleh wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palopo, Dr. H. Muammar Arafat Yusmad, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, Muammar menyampaikan bahwa kolaborasi tim SPI merupakan salah satu bagian penting sehingga saling sharing dengan berbagai PTKN adalah hal yang sangat baik. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh ketua forum SPI PTKN se-Indonesia, Abdul Hamid Cebba yang juga bertindak sebagai pemateri. Materi yang disampaikannya menekankan pada peran SPI sebagai salah satu bagian  institusi yang sangat penting, seperti SPI perlu untuk mengawal Renstra Intitusi agar berjalan sesuai yang telah ditetapkan.

Pada kesempatan yang sama Kepala SPI IAIN Palopo memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Kepala SPI IAIN Palopo berharap melalui kegiatan tersebut semua tim SPI dapat melakukan sharing terkait proses pemeriksaan dari masing-masing PTKN sehingga SPI bisa menjadi lebih baik lagi.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan oleh SPI IAIN Parepare pada bulan Agustus tahun 2022 lalu.

Di sela kegiatan tersebut, tim SPI IAIN Parepare  berharap agar kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sebagai moment untuk silaturrahmi dalam bidang pemeriksaan dan pengawasan antar PTKN sehingga ke depan upgrade dalam bidang keilmuan audit semakin bertambah. Selama kegiatan berlangsung, peserta antusias dalam menerima materi. Begitu pun pada proses diskusi dan sharing terkait permasalahan dari setiap PTKN yang hadir pada kegiatan tersebut.

Lima materi yang disampaikan pada kegiatan in house training tersebut menjadi bekal pagi para peserta dalam melakukan tugas sebagai satuan pengawaan internal. Kegiatan ini juga merupakan agenda yang akan dilaksanakan secara berkesinambungan demi peningkatan kapasitas SDM SPI di wilayah Sulawesi.(sh/tin)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 31 Oktober, 2022