Tindak Lanjut MBKM, FAKSHI Jalin Kerja Sama Ombudsman RI dan LBH Makassar

9 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Tindak Lanjut MBKM, FAKSHI Jalin Kerja Sama Ombudsman RI dan LBH Makassar


Humas IAIN Parepare-Dalam rangka pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam melaksanakan benchmarking dan penawaran kerja sama dengan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, Selasa (08/11/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh Dekan Fakshi Rahmawati, Wadek 1 Aris, Kabag TU Nurmi didampingi 1 orang staf admin dilakukan untuk menjalin silaturrahmi sekaligus penandatangan Nota Kesepahaman Kerja Sama dengan lembaga terkait dalam rangka menindaklajuti kebijakan Mendikbud terkait program MBKM di perguruan tinggi. Salah satu kegiatan dari 8 program MBKM adalah magang.

Dalam kunjungan ke Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan, rombongan Fakshi diterima oleh pimpinan Ombudsman RI yang diwakili oleh Muslimin B Putra, Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi. Kedatangan pimpinan Fakshi di Ombudsman mendapat respons positif oleh pihak Ombudsman.

Dalam sambutannya, Muslimin mengapresiasi adanya kerja sama antara institusi pendidikan, khususnya IAIN Parepare dengan lembaga pemerintah dalam menindaklanjuti kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan program MBKM.

“Pada dasarnya kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan perguruan tinggi seperti IAIN Parepare ini, kami akan menindaklanjuti hal ini dengan melakukan koordinasi dengan pusat (Ombudsman RI) terkait rencana ini dengan mengikuti regulasi yang ada,” ujar Muslimin.

Selanjutnya, rombongan melanjutkan kunjungan ke LBH Makasar dan diterima oleh Direktur LBH Makasar Muhammad Haerul. Dalam sambutannya, ia merespons baik kegiatan magang atau PPL mahasiswa di LBH ke depannya.

“Kegiatan kerja sama ini dapat memberikan keuntungan dan kemanfaatan kedua belah pihak. Selain itu, mahasiswa yang memiliki peminatan pada advokasi dan pendampingan hukum dapat memperoleh pengetahuan melalui pengalaman di lapangan dengan bermitra dengan LBH. Bahkan jika diperlukan, LBH Makasar telah menyatakan kesiapannya menerima mahasiswa yang magang selama 6 bulan pada semester depan,” sambut Haerul.

Kunjungan ditutup dengan penandatangan Surat Perjanjian Kerja Sama oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam Rahmawati dengan Direktur LBH Makasar Muhammad Haerul. (da/tin)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 9 November, 2022