Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Faktar Laksanakan Rapat Akademik

23 Februari, 2024 oleh
Andi Aras

Humas IAIN Parepare- Fakultas Tarbiyah (Faktar) menyelenggarakan Rapat Akademik untuk mengevaluasi proses pelaksanaan perkuliahan semester ganjil 2023/2024 dan peningkatan kualitas pembelajaran di semester yang akan berjalan. Acara dilaksanakan di Gedung Perpustakaan lantai 5, Kamis (22/02/2024).


Kegiatan tersebut bertujuan mendengarkan saran dan masukan dari dosen untuk perbaikan proses perkuliahan pada semester selanjutnya dan sekaligus penyampaian kebijakan perkuliahan dan kegiatan akademik lainnya.


Dalam rapat tersebut, hadir  Wakil Rektor I H Saepudin, Wakil Rektor 2 Firman, Dekan Tarbiyah Zulfah, Wadek 1 Tarbiyah Bahtiar, Wadek 2 Muhammad Jufri, anggota senat Tarbiyah, Kabag, Kasubag, Kaprodi dan para dosen di lingkup Fakultas Tarbiyah.


“Rapat Akademik ini merupakan kegiatan rutin kita, khususnya di Fakultas Tarbiyah sebelum dilaksanakan perkuliahan. Hal ini sebagai wadah untuk berkomunikasi antar unit pengelola fakultas dan dosen. Harapannya, dapat memperbaiki proses pelaksanaan perkuliahan ke depannya,” ungkap Zulfa, Dekan Fakultas Tarbiyah. "Mohon untuk lebih disiplin dalam proses perkuliahan dan pembimbingan mahasiswa," lanjutnya 


Bahtiar, Wadek 1 Faktar, juga menyampaikan rangkaian kegiatan akademik yang akan dilaksanakan selama satu semester. Di antaranya menyampaikan jumlah rombel masa perkuliahan semester genap, jumlah mata kuliah, jumlah SKS, dan jumlah dosen.


Wakil Rektor I IAIN Parepare Saepudin memaparkan terkait kebijakan-kebijakan akademik MBKM, pembimbingan tugas akhir dan ujian komprehensif yang berbasis computer based test (CBT) dan sekaligus menekankan kepada dosen untuk meningkatkan kualitas perkuliahan.


“Rapat akademik penting  sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran, untuk model perkuliahan dilaksanakan secara tatap muka, kecuali melaksanakan kegiatan MBKM melalui platform MERPATI dan kelas internasional," ungkap Saepudin.


"Pelaksanaan ujian komprehensif menggunakan sistem CBT. Untuk pembimbingan mahasiswa dibimbing oleh satu dosen yang memiliki  kompetensi yang sesuai dengan program studi dan diuji oleh dua orang penguji," tambahnya.


Rapat Akademik dilanjutkan dengan mendengarkan curah gagasan dari para dosen Faktar untuk perbaikan proses perkuliahan semester genap tahun akademik 2023/2024. (ars/mif)

di dalam Berita
Andi Aras 23 Februari, 2024