Tingkatkan Kualitas Penelitian, LPPM IAIN Parepare Gelar Seminar Antara Penelitian 2023

7 Oktober, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri  Parepare menggelar Seminar Antara Penelitian 2023 secara daring melalui zoom meeting, Sabtu (07/10/2023)

Seminar ini diikuti oleh 60 peneliti dari berbagai program studi di IAIN Parepare. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua LPPM IAIN Parepare, M. Ali Rusdi.


Dalam sambutannya Ketua LPPM menyampaikan bahwa LPPM berkomitmen untuk meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukan oleh dosen dan tendik. 
"Untuk itu, kami akan melakukan evaluasi terhadap tagihan outcome penelitian yang telah dilakukan. Selain itu, kami juga akan mendorong diseminasi hasil penelitian melalui ICONIS," ungkapnya.

"Kami percaya bahwa hasil penelitian yang berkualitas dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, kami juga akan memberikan penghargaan untuk penelitian terbaik menjadi keynote speaker di ICONIS," ujarnya.

Terakhir, M. Ali Rusdi mengingatkan agar peneliti memperhatikan pentingnya memasukkan outcome penelitian di akun Litabdimas.

 "Kami mengingatkan agar para peneliti memperhatikan pentingnya pemenuhan tagihan outcome penelitian sesuai durasi waktu yang telah ditandatangani di kontrak," tutupnya.


Kepala Pusat Peneltian Zulfiqar Busrah menyampaikan  seminar tersebut  terdiri dari 6 room zoom. Masing-masing ruang membahas hasil penelitian sesuai bidang penelitian. 

"Para peneliti yang mempresentasikan hasil penelitiannya diharuskan untuk memenuhi beberapa kriteria, yaitu hasil penelitian harus orisinal dan belum pernah dipublikasikan. Kemudian, hasil penelitian harus relevan dengan kebutuhan masyarakat. Terakhir, hasil penelitian harus dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata," ujarnya.


Seminar Antara penelitian ini merupakan salah satu upaya LPPM IAIN Parepare untuk meningkatkan kualitas penelitian di kalangan peneliti. Seminar ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk berbagi ilmu dan pengalaman antarpeneliti. (fzs/Tin)



di dalam Berita
fikruzzamansaleh 7 Oktober, 2023