TIPD Kerja Sama KPU Kota Parepare Adakan CAT Calon PPK

8 Desember, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

TIPD Kerja Sama KPU Kota Parepare Adakan CAT Calon PPK

Humas IAIN Parepare– Pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) yang dilakukan oleh KPU Kota Parepare bekerja sama Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Parepare, Selasa (6/12/2022). Sebanyak 103 orang yang dibagi dua sesi mengikuti tes CAT di lantai 4 Gedung Perpustakaan. Setelah tes CAT, peserta akan mengikuti tahap tes wawancara selanjutnya. Nantinya, dari 103 akan disaring menjadi 20 orang yang akan diterima sebagai Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024.

Kepala Unit TIPD IAIN Parepare Sufyaldi menerangkan TIPD sebagai unit kerja di bidang teknologi informasi mengaku akan terus mendukung kebijakan pimpinan baik untuk program internal maupun eksternal. Sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan ini merupakan implementasi konkret dari kerja sama IAIN Parepare dengan industri atau instansi eksternal.

“TIPD memberikan dukungan infrastruktur teknologi informasi sekaligus melibatkan tim ahli jaringan dan sistem informasi di TIPD. Infrastruktur aplikasi dan teknologi ujian SSE KPU cukup kompleks dan rumit, sehingga perlu SDM IT yang memiliki keterampilan khusus untuk implementasi dan operasionalnya,” terang Sufyaldi.

Lebih lanjut pada sesi meeting beberapa kali dengan Pengembang IT di Pusat, TIPD juga memberikan masukan terkait perbaikan beberapa bugs dan error pada aplikasi server yang dikembangkan oleh tim IT KPU Pusat. Hal ini dikarenakan pada saat uji coba ada beberapa kendala teknis ditemui di lapangan.

“Kami juga berkoordinasi dengan provider bandwith internet untuk memastikan stabilitas jaringan selama ujian berlangsung. Alhamdulillah, ujian berjalan lancar sampai sesi terakhir tanpa kendala yang berarti. Semoga proses seleksi ini bisa menghasilkan output yang bermanfaat bagi penyelenggara negara secara umum, dan secara khusus kepada IAIN Parepare dan KPU Kota Parepare selaku mitra,” ungkap Sufyaldi.

Sementara Kasubag Hukum dan SDM, Sekretariat KPU Parepare, Muhammad Asrul Amin menyampaikan rasa terima kasihnya. “Kami sangat mengapresiasi dan kami mengucapkan banyak terima kasih khususnya kepada rektor. Kami disambut dengan pertemanan, semoga kerja sama ini bisa dilanjutkan pada kegiatan-kegiatan lain,” ucapnya saat ditemui di lokasi pelaksanaan tes. (hyn/mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 8 Desember, 2022