Update Data Tridarma, TIPD Gelar Bimtek Sister

27 Januari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare — Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Parepare menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Teritegrasi (Sister). Bimtek ini diikuti oleh Dosen IAIN Parepare secara vitual melalui zoom meeting, Kamis (26/01/2023).

Pemateri dari TIPD, Ahmad Zuhudy menerangkan, Sister ini merupakan program Kemenristekdikti yang diluncurkan melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. Dalam Sister ini, dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukan. Selain itu, data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dan proses lainnya.

“Dosen harus bisa terbiasa mengupdate informasi tentang kegiatan tridarmanya di Sister, karena aplikasi ini sangat penting dalam jenjang karir dosen di dunia akademik,” jelas Zuhudy.

Ia juga menerangkan agar saat proses pengisian data, dosen memperhatikan kelengkapan informasi dan persyaratan dokumen.

“Di aplikasi sister ada banyak jenis form dan data, makanya dosen harus betul-betul cermat dan teliti dalam menginput data dan dokumen yang diperlukan,” ucap Zuhudy yang merupakan Alumni Magister Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Kepala TIPD IAIN Parepare, Sufialdy mengungkapkan, proses register pada Sister hanya dilakukan sekali dengan memperhatikan email yang dipakai.

“Sister di IAIN Parepare sudah jalan email servernya. Ini akan otomatis mereset kalau emailnya cocok. Kalau ada pesan, email ini tidak terdaftar berarti salah. Coba email lain, kalau tidak bisa konfirmasi ke kami, supaya kami cekkan email apa yang dipake mendaftar,” ucap Sufialdy saat menjawab pertanyaan salah seorang dosen. (hyn/alf)

di dalam Berita
Hayana 27 Januari, 2023