UPT Bahasa adakan Kegiatan Lanjutan Pelatihan IELTS Preparation Dosen dan Tendik IAIN Parepare

20 Juli, 2023 oleh
ameliawulandari

Humas IAIN Parepare---Kegiatan IELTS Preparation bagi Dosen dan Tendik IAIN Parepare yang dilaksanakan pada Kamis, 20 Juli 2023 di Kantor Internasional Office IAIN Parepare merupakan kegiatan lanjutan IELTS Preparation bagi Dosen dan Tendik IAIN Parepare pada hari Jumat-Sabtu (14-15 juli 2023) lalu, dengan materi yang dibawakan oleh pihak Golden Gate Education Makassar.

Kegiatan lanjutan IELTS Preparation bagi Dosen dan Tendik IAIN Parepare tersebut menghadirkan dua orang pemateri alumni dalam dan luar negeri, yang memiliki band Score IELTS 7.0. Pemateri tersebut diantaranya Kurniati Umrah Nur, M.AppSC(ME) Hons yang merupakan Dosen dari Universitas Hasanuddin Makassar, dan penerima Beasiswa ADS Pemerintah Australia, M Yusuf, M.Pd. yang merupakan Dosen Tadris Bahasa Inggris IAIN Parepare penerima beasiswa PPSL (Program Persiapan Studi Lanjut) Kemenag RI.

Sebelum kegiatan dimulai, Hj. Nurhamdah, M.Pd. Kepala UPT Bahasa IAIN Parepare menyampaikan kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan pelatihan ini untuk mengambil ilmu dan trik mengerjakan IELTS, dengan tujuan medapatkan target nilai yang diinginkan. “Setelah pusing mengerjakan tes IELTS dari Golden Gate minggu lalu, sekarang waktunya mematangkan ilmu yang sudah didapatkan dengan berbagi keluhan dan aspek apa yang terasa sangat sulit untuk dikuasai kepada pemateri,“ sampai Nurhamdah.

 

Pada materi pertama, Kurniati Umrah Nur, M.AppSC(ME) Hons menyampaikan apa saja yang harus kita lakukan dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tes IELTS, dan tips serta trik dalam menjawab IELTS. Dalam menjelaskan materi ibu Kurniati memberikan contoh soal dan menjawab bersama-sama peserta, sehingga peserta menemukan cara mudah dalam menjawab tes IELTS tersebut. “Dalam pemilihan jenis tes IELTS lebih baik memilih IELTS CBT karena saat pelaksanaan tes, kita bisa fokus dalam menjawab soal dengan listening yang jernih serta hasilnya juga cepat didapatkan," tambah kurniati.

Pada materi terakhir M Yusuf, M.Pd menyampaikan trik mengerjakan IELTS yang mudah untuk digunakan. "Kita harus belajar mempersiapkan diri, dan yang utama adalah harus sering-sering berlatih. Dalam tahap persiapan kita harus terbiasa dengan tema-tema yang dibahas dalam tes IELTS, sehingga ketika menjawab soal nantinya kita sudah terbiasa dengan tema tersebut dan menguasai kata-kata yang akan digunakan pada setiap tema dalam pertanyaan. Agar lancar dalam mengerjakan IELTS dibutuhkan latihan secara terus-menerus untuk mencapai target yang diinginkan,” tutup Yusuf. (Aw/Srh)


di dalam Berita
ameliawulandari 20 Juli, 2023