UPT Bahasa IAIN Parepare Bimbing Dua WNA pada Program BIPA

26 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare -- Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan suatu program yang asing didengar bagi masyarakat awam, namun bukanlah hal baru bila diutarakan dalam lingkup perguruan tinggi.

Meski demikian, kelas BIPA pada perguruan tinggi di Sulawesi Selatan masih tergolong minim. Hal ini disebabkan para murid yang bukan merupakan Warga Negara Indonesia, melainkan merupakan Warga Negara Asing (WNA).

Minimnya pelaksana kelas BIPA di Sulawesi Selatan, membuat UPT Bahasa IAIN Parepare berinisiatif menambah program unggulan UPT Bahasa. Program BIPA yang diusulkan UPT Bahasa IAIN Parepare, sesungguhnya merupakan tindak lanjut dari tantangan yang diberikan Dr. Firman, M.Pd, Wakil Rektor IAIN Parepare Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan kepada Hj. Nurhamda, Kepala UPT Bahasa IAIN Parepare. 

“Jika UPT Bahasa sanggup membangun BIPA, saya akan membantu dalam menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain,” tantang Firman.

Menerima tantangan tersebut, saat ini Tim BIPA IAIN Parepare tengah merumuskan Silabus, Rencana Pembelajaran, beserta Bahan Ajar yang saat ini tengah diuji cobakan pada dua orang Volunteer (Relawan, red) Asing IAIN Parepare. Yakni, Miss Norhan Farouq, dan Amira Ezzat. Keduanya berasal dari Mesir. 

Pembelajaran program BIPA ini disambut baik oleh Volunteer. Salah satunya Amira. Ia memberi komentar, “Learn about Indonesian language and Indonesian culture, very interesting for us (Belajar Bahasa Indonesia dan Budaya Indonesia, sangat menarik bagi kami, red)."

Kelas pembelajaran BIPA yang diuji cobakan ini telah terlaksana sejak awal Februari 2023. Pokok pembahasannya yakni penyebutan abjad dalam Bahasa Indonesia, pengenalan kosa kata, dan tata bahasa dalam bahasa Indonesia.

Koordinator BIPA IAIN Parepare, Sari Hidayati, M.Pd menyatakan, “Fokus kami pada uji coba bahan ajar ini, adalah bagaimana pembelajar mampu mengenali kosa kata dan konsep afiksasi dalam bahasa Indonesia, meskipun dikejar oleh keterbatasan waktu." (aw/alf)


di dalam Berita
Hayana 26 Februari, 2023