Yudisium Fakshi, Dekan : Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Kunci Kesuksesan

26 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare – Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) IAIN Parepare kembali melaksanakan perhelatan yudisium program sarjana tahap 4 semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 pada, Kamis (23/02/2023) di Ruang Seminar Fakshi. 

Pada tahap ini sebanyak 14 orang dikukuhkan secara resmi dan berhak menyandang gelar Sarjana Hukum (S.H.) sehingga jumlah keseluruhan yang telah mengikuti yudisium pada semester ini sebanyak 179 orang. Mahasiswa yang telah dikukuhkan pada prosesi yudisium tersebut, berhak mengikuti pergelaran wisuda IAIN Parepare yang akan dilaksanakan Maret mendatang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dekan Fakshi Rahmawati, Wakil Dekan I Aris, Wakil Dekan II Fikri, Kabag Fakshi Nurmi, para ketua program studi lingkup Fakshi, serta para staf dan tenaga administrasi Fakshi.

Dekan Fakshi Rahmawati dalam pesan-pesan akademiknya menyampaikan banyak motivasi kepada peserta yudisium. 

“Ilmu itu diperoleh tidak hanya dalam pendidikan formal seperti yang telah kalian ikuti selama kuliah di Fakshi, tetapi dapat diperoleh di tengah masyarakat ketika telah kembali ke kampung halaman. Pengalaman selama berinteraksi dengan masyarakat dan keluarga juga menjadi sumber pengetahuan,” ujarnya.

“Kesuksesan itu tidak dapat diperoleh semata-mata mengandalkan kecerdasan intelektual. Intelligence Quotient (IQ) tinggi, memiliki Indeks Prestasi yang tinggi bukan menjadi standar utama dalam mencapai kesuksesan. Dalam penelitian Daniel Goleman, 80 persen kesuksesan itu ditunjang dari kecerdasan emosional dan sisanya 20 persen didukung dari kecerdasan intelektual. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan kesuksesan itu maka tingkatkan terus kecerdasan yang dimiliki terutama yang menunjang kesuksesan Anda. Ada satu lagi kecerdasan yang melampaui kekuatan kedua kecerdasan tersebut, yaitu kecerdasan spiritual. Jika kamu mampu mengasah kecerdasan ini maka kesuksesan itu tidak hanya diraih di dunia saja, tapi juga akhirat juga. Oleh karena itu, perbaiki perilakumu atau akhlakmu untuk menjaga hubunganmu dengan manusia juga hubunganmu dengan Allah,” pesan Rahmawati.

Sementara, kesan-kesan selama proses perkuliahan di Fakshi juga disampaikan salah satu perwakilan mahasiswa Mustika dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. “Kesan saya selama kuliah di IAIN Parepare banyak hal yang saya dapatkan, susah senang saya telah lewati bersama teman-teman. Saya bangga memiliki teman dan sahabat di kampus tercinta ini. Semoga kelak kita akan sukses, kami ucapan terima kasih kepada seluruh pimpinan fakultas yang telah mengantarkan kami untuk sampai ke tujuan ini. Langkah yang ditempuh adalah nikmat yang patut disyukuri. Banyak kenangan yang tidak mungkin kami lupakan,” tuturnya.

“Terima kasih juga kepada bagian tata usaha dan jajarannya yang telah membantu kami dalam proses pengurusan administrasi serta kepada teman-teman seperjuangan yang memberikan corak baru dalam berdiskusi sehingga kami mendapatkan gagasan baru dari berbagai sudut pandang,” lanjutnya.

“Teruntuk calon wisudawan / wisudawati, perolehan gelar ini bukanlah akhir dari proses menuntut ilmu, namun gelar ini sebagai jembatan bagi kita dalam melewati luasnya lautan ilmu pengetahuan. Mari kita tunjukan potensi terbaik kita kepada masyarakat luas dengan senantiasa memberikan kebermanfaatan, implementasi ilmu dan amal serta terus menjaga nama baik kampus di manapun kita berada,” tutup Mustika. (da/mif)


di dalam Berita
Hayana 26 Februari, 2023