Wawancara Calon Penerima KIP Kuliah, Tim Survey Langsung Turun ke Lokasi

9 April, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare — Sepuluh tim survey calon penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) turun ke daerah asal para mahasiswa. Tim tersebut disebar ke beberapa titik daerah mulai dari Kota Parepare, Kabupaten Pinrang, Sidrap, Enrekang, Toraja, Majene, Mamuju, Barru, Pangkep, Bone, Gowa hingga ke Bulukumba.

Penangung jawab tim survey, Dr Kamal Zubair mengungkapkan wawancara verifikasi berkas tidak dilaksanakan di kampus, tetapi tim survei langsung datang ke rumah para calon penerima.

“Satu bulan sebelumnya kita membuka pendaftaran beasiswa KIP, sudah ada hampir 700 pendaftar. Jadi berkas-berkas yang dikirim oleh calon pendaftar itu diverifikasi oleh tim. Selanjutnya tim kemudian menentukan nama-nama yang layak disurvei. Untuk tahun ini, kita tidak melakukan wawancara seperti tahun lalu di kampus, tetapi kita melakukan wawancara langsung di lokasi,” jelasnya.


Lebih lanjut, Kamal Zubair mengatakan selain memverifikasi berkas dengan fakta yang ada di lapangan juga langsung melakukan wawancara ke pejabat atau warga setempat terkait mahasiswa calon penerima Beasiswa KIP.

“Harapannya, kita mendapatkan data yang benar-benar pas. KIP diharapkan sesuai dan tepat sasaran. Insya Allah dua pekan ke depan, data itu akan diolah kembali untuk menetapkan calon penerima KIP,” ujar Kamal Zubair saat diwawancara via WhatsApp, Senin (3/10/2022).

Dikutip dari https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/panduan, KIP-Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (Lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP kuliah terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. (Aen/Suh)


di dalam Berita
Nur Aeni K 9 April, 2023